Europe On Screen (EoS) 2015 is Comiiiing!!!



EoS is COMING!!!!

Tidak terasa 1 tahun sudah berlalu dan malam ini Pembukaan Europe On Screen 2015 akan berlangsung. Seperti biasa pembukaan akan berlangsung di XXI Epicentrum yang akan memutar film The 100-Year-Old-Man Who Climbed Out The Window and Dissapeared, film dari Swedia yang rilis tahun 2013.

Seperti biasa ada 6 kategori jenis film yang akan diputar, kategori tersebut adalah X'tra, Discovery, Doku, Children, Retro dan Open Air.

X'tra adalah kategori film dengan rasa ekstra, sebuah film mainstream dan box office, atau film yang masuk nominasi atau memenangkan Academy Award dan Cannes, atau film yang diperankan oleh aktor ternama dan disutradarai oleh sutradara terkenal. Pastikan untuk menonton jenis film ini bagi yang ingin merasakan X'tra. Akan ada 16 film X'tra yang ditayangkan.

Discovery adalah film yang tidak jauh berbeda dari film X'tra, tetapi dengan aktor dan sutradara yang belum terlalu dikenal. Film dalam kategori ini tetap mengsung isu yang sedang hangat di negara ybs dan akan menyentuh para penonton. Mari kita temukan film-film baru tersebut. Akan ada 15 film dalam kategori Discovery.

Docu, adalah jenis film dokumenter yang sudah mentradisi bagi masyarakat Eropa. Film-film ini menyuguhkan topik yang sedang hangat di dunia atau menerjemahkan personalitas dari tokoh yang menarik perhatian. Film ini membuktikan bahwa film dokumenter juga bisa menghibur layaknya film fiksi. Akan ada 11 film Docu yang akan ditayangkan.

Children, sesuai dengan namanya, film di kategori ini merupakan suguhan film untuk audience muda dan juga untuk keluarga muda. Di Eropa, membuat film anak-anak sudah menjadi tradisi dari awal terbentuknya film. Akan ada 6 film di kategori ini, 4 diantaranya adalah film animasi.

Retro, kali ini Europe On Screen memfokuskan kategori Retro kedalam tema melestarikan dan merestorasi. Produk Audivisual seperti acara televisi dan film merefleksikan waktu yang telah berjalan dan berprogres. Jika 'artefak' ini menghilang, maka kita tidak lagi memiliki sejarah mengenai bagaimana kita sebelumnya. Akan ada 6 film dalam kategori ini, semua bertemakan sejarah. Sejarah dari film, sejarah Indonesia dan juga sejarah untuk sutradara dunia Hitchcock.

Open Air Screening, sesuai dengan namanya yang membedakan kategori ini adalah bagaimana cara menonton filmnya? Caranya dengan duduk manis dan menonton secara outdoor. Film-film ini adalah film Eropa yang mainstram, sehingga cocok untuk ditonton berasama keluarga atau bersama teman-teman segenk. Akan ada 8 film yang akan tayang.

Jika memperhatikan 62 film yang akan tayang, ada film "Winter Sleep" yang memenangkan Golden Palm sebagai film terbaik di Cannes 2014. Lalu ada film berbahasa asing terbaik versi Academy Award 2015, "Ida". Dan juga film dokumenter terbaik Academy Award 2015, "Citizenfour".

Semua film yang disajikan gratis tanpa pemungutan biaya sedikitpun. Bagi yang ingin menonton bisa langsung datang ke venue-venue yang sudah bekerja sama yaitu ERASMUS HUIS, GOETHEHAUS Jakarta, INSTITUT FRANÇAIS INDONESIA Thamrin Jakarta, LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATION, TAMAN KODOK Menteng, UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA, BINTARO JAYA EXCHANGE, dan masih banyak lagi, baik di Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Untuk lebih lengkapnya mengenai jadwal, venue bisa langsung di download di sini:
Schedule JKT -- http://bit.ly/1Hva3Dg
Schedule OC --  http://bit.ly/1QmN3dJ
Program Book -- http://bit.ly/1DDSIlU

Jadi untuk apa tunggu lagi, kosongkan agenda selama 1 - 10 Mei besok dan nikmati film-film pilihan yang disajikan di Europe On Screen 2015.

Sampai jumpa di event yaa....


Komentar

Postingan Populer