Begin Again (2013, Indonesia 2014): Because Are We All Lost Stars, Try To Light Up The Dark

Directed by John Carney

Sempat membaca banyak komentar mengenai film Interstellar (yang saat ini masih hangat diperbincangkan) yang kurang orisinil dan terlalu banyak meng-explore dan meng-expose film 2001: A Space Odyssey. Bukan hanya itu, banyak yang mempertanyakan ke-orisinalitas dari sebuah judul film, buku, lagu atau karya literatur lainnya. Pertanyaan selanjutnya, apakah keaslian yang benar-benar 'pure' atau 'sejati' itu penting? Terlebih ketika kau mengetahui ada sekitar lebih dari 6 milyar manusia yang hidup dan akan menghasilkan karya-karya mereka. Sangat sulit menemukan karya seni yang benar-benar asli dan sejati. Jadi mari kita tidak memperdebatkan masalah itu, karena sekarang manusia lebih menyukai dan menghargai karya yang kreatif dan inovatif dan tetap pada idelisme yang dipegang teguh oleh si penghasil karya.

Begin Again adalah sebuah karya dengan konsep yang mirip dengan film John Carney sebelumnya, ONCE, sebuah film musical-romantic-comedy yang sangat mengagumkan di tahun 2006 yang menempatkan John Carney sebagai sutradara yang patut diperhitungkan. ONCE memenangkan Grammy Award untuk lagu-lagu pop rock alternative yang menyentuh dan menarik perhatian. Kali ini dengan Begin Again, Carney mencoba peruntungannya kembali tetapi dengan tim yang lebih baik dan para jajaran artis yang menggiurkan. Tidak ada yang sangat orisinal, hanya sebuah kisah klasik 2 orang yang sama-sama menyukai musik dan memutuskan untuk membuat musik dalam impian mereka menjadi kenyataan.

Gretta James (Keira Knightley) dan Dan Mulligan (Mark Ruffalo) sama-sama tau akan realitas yang telah mereka hadapi. Gretta baru saja mengetahui kekasihnya, seorang Rock Star, Dave Kohl (Adam Levine) selingkuh dan memlilih karirnya, lalu Gretta mencampakkannya. Sedangkan Dan harus menyadari bahwa dia seorang yang tidak produktif sebagai seorang music recording producer dan dipecat karenanya, bukan hanya itu Dan merasa bahwa dia akan kehilangan cinta dari anaknya Violet (Hailee Steinfeld). Disaat titik terendah mereka, mereka bertemu, Dan melihat sendiri bakat alami dan kemurnian sebuah lagu yang dibawakan oleh Gretta. Dan mendatanginya dan mengajaknya menjadi artis yang ia akan publishkan.
Permasalahannya adalah mereka sama-sama idealis, mereka tidak seperti kebanyakan musisi yang harus mengikuti pasar dan meniru kesuksesan orang lain. Mereka sadar sulit menjadi artis yang sangat asli sejati, tetapi mereka yakin mereka akan membuat sebuah breakthrough, bukan hanya dari lagu yang dibawakan tetapi juga sebuah konsep baru yang menjanjikan. Pada akhirnya ada banyak yang menyukai ide mereka, membantu mereka, termasuk Steve (James Corden), sahabat Gretta, ada Violet yang mengejutkan dan ternyata seorang gitaris rock yang mengagumkan juga turut membantu. Bahkan rapper hiphop setenar Troublegum (Cee Lo Green) mendukung akan ide mereka membantu mereka untuk memulai semua dari awal dan menuju sebuah kesuksesan yang baru.
 
Ada percikan keintiman, sebuah chemistry yang sulit dikategorikan antara Gretta dan Dan. Mereka sama-sama menyukai musik, mereka terlihat memiliki selera musik yang luas dan sangat menghargainya. Ada sebuah momen, ketika Gretta dan Dan berjalan-jalan mengelilingi New York menghabiskan malam sambil mendengarkan lagu yang ada di playlist Gretta, dalam adegan tersebut, sungguh sebuah pemandangan yang hangat, keintiman yang tidak dapat dituliskan dalam sebuah lirik indah. Mereka telah sukses mewujudkan percikan chemistry yang sebelumnya menghilang. Gretta yang penuh dengan bakat serta Dan yang penuh dengan kreativitas, mereka bersatu dan menemukan kepuasan sejati.
Dalam ONCE, John Carney telah sukses membuat sebuah film dengan raw material yang belum terasah dengan baik tetapi solid dengan tujuannya. Berbeda di Begin Again, ada banyak bakat yang terbaik yang bergabung, tetapi sulit menemukan tujuan yang solid. Walaupun begitu, tidak perlu diragukan lagi, dalam film ini ada banyak pertunjukan yang menakjubkan, para artis yang mengagumkan dan mengejutkan (terutama untuk Keira Knightley yang pandai bernyanyi dan Adam Levine yang berakting natural), nada-nada yang sudah pasti jawara dan visualisasi yang ditata secara apik. Film ini tidak seperti sebuah film romantic-comedy kebanyakan, film ini memiliki tone yang seimbang antara pria dan wanita.

Kalau dari segi cerita, para perempuan akan menyukainya, kalau dari lagu dan musik, para lelaki akan menyukainya. Bahkan keduanya akan sangat disukai oleh banyak orang dan bahkan aman dikonsumsi oleh remaja. Penggambaran New York versi John Carney memang romantis, Dan bisa memarkir mobil Jaguar klasiknya dimana saja dan kapan saja, ditambah set lokasi di tempat yang romantis. Tetapi dari permainan warna, kisah yang tidak cheesy, dan musik pop rock alternative yang menggiurkan (juga Keira Knightley yang menggiurkan) tentunya para lelaki akan menyukainya. Film ini telah memenuhi semua aspek yang diinginkan oleh banyak orang, dengan sebuah konsep yang kreatif dan inovatif walaupun tidak orisinil. Dengan begitu Begin Again tau akan batasannya. Ketika mereka menginkan kesuksesan, idealisme harus dikesampingkan.

Seperti halnya lagu Lost Stars, seseorang yang mencari sesuatu yang mustahil, mencari sebuah jalan keluar dari penyesalan, seseorang yang hidup dalam dunia khayalan tetapi kenyataannya dia hidup dalam kenyataan yang penuh pengorbanan. Sebuah kehidupan yang telah dia pilih, kehidupan yang dituntut oleh orang banyak, kehidupan yang tampaknya jalan yang akan berakhir bahagia, tetapi ternyata tamak dengan banyak keinginan.  Dave Kohl menginkan dirinya menjadi Rock Star yang sukses secara karir tetapi dia juga menginkan Gretta tetap berada disisinya. Gretta berpikir bahwa mereka akan memulai kembali dari awal ketika Dave memintanya bertemu kembali, tetapi dia baru saja kehilangan bintang hidupnya, ketika dia mengetahui prioritas Dave melalui lagu Lost Stars. Lost Stars yang dinyanyikan Dave bukanlah lagu asli yang Gretta ciptakan, melainkan sebuah bentukan kretaifitas baru yang sudah dikondisikan agar disukai banyak orang.

Begin Again secara tidak langsung memberikan sebuah pencerahan, bahwa Interstellar adalah 2001: A Space Odyssey yang dikondisikan agar dimengerti oleh banyak orang, disukai banyak orang, dan melewati keaslian dari film tersebut. Interstellar adalah Lost Stars versi Dave yang berusaha mencari jalan keluar untuk mencari Gretta yang hilang dan menerangkan semua misteri yang tersimpan di dalamnya. Bukan sebuah kisah yang asli, tetapi sebuah momen spesial yang penuh dengan inovasi dan kreatifitas untuk mencoba mengerti serta mengenang kemurnian dan keaslian pendahulunya.
 
Overall 4/5
Exceptional for music 5/5

<ibnu>

Catatan Pribadi: Dulu, (lupa, sekitar 3 tahunan) saya pernah bermimpi melihat performance Nicole Kidman, Gwyneth Paltrow dan Keira Knightley berada dalam satu panggung dan menyanyi bersama. Mereka adalah tipikal artis yang setipe, cantik, klasik dan anggun. Dan sekarang, boom... Begin Again adalah jawabannya.

Recomended song


Komentar

Postingan Populer